Papan Reklame , Untuk Media Branding

Papan Reklame sebagai Media Iklan (Promosi) adalah berbagai sarana komunikasi yang digunakan oleh pelaku bisnis atau perusahaan untuk menyampaikan dan menyebar luaskan pesan kepada target pasar yang dituju. Secara garis besar papan reklame bisa dikategorikan menjadi tiga kategori, yaitu iklan media cetak, iklan media elektronik dan iklan media luar ruang. Papan Reklame juga memilki peranan yang cukup besar seperti halnya bentuk promosi lain seperti sales promotion, direct marketing, public relation, personal selling maupun publicity . Reklame yang baik bukan hanya sekedar menarik perhatian khalayak ramai atau umum, tetapi ia harus dapat menggerakkan keinginan orang untuk membeli atau menguasai barang atau hal yang direklamekan. Reklame berbeda dengan iklan meskipun memiliki fungsi dan tujuan yang hampir sama. Iklan biasanya berupa kalimat panjang bahkan ada yang berupa artikel, sedangkan pada reklame berupa kalimat singkat yang disertai gambar mencolok.

Media iklan lebih banyak dipasang di media cetak (koran, majalah) dan media elektronik (televisi, radio, film) sedangkan reklame menggunakan papan, spanduk, poster yang dipasang di tempat terbuka/umum.

Adapun kriteria reklame yang baik sebagai berikut :

  1. Design Mudah Dibaca dan Dipahami agar memberikan informasi kepada khalayak atau konsumen tentang perusahaan, produk atau barang maupun jasa
  2. Adanya Kontak Telepon, Email, Alamat maupun Gerai yang dapat Dihubungi
  3. Lokasi Reklame yang Strategis Dengan Jangkauan Luas
  4. Penggunaan Tata Bahasa yang Mudah Dicerna maksudnya kata-kata atau kalimat- kalimat yang digunakan harus jelas, singkat dan mudah dimengerti oleh khalayak yang membacanya
  5. Menarik Perhatian khayalak ramai maksudnya suatu reklame harus kelihatan mencolok agar mudah terlihat oleh khalayak ramai; suatu reklame akan kelihatan mencolok karena ukurannya, penempatannya, warnanya, tulisannya atau gambarnya.